Tindak Lanjut Artikel Asesmen Critical Thinking

 

Nama  : Anggy Marthania Tatyanty Putri

NIM    : 210321606912

Tindak Lanjut Artikel

Asesmen Critical Thinking

Judul

Jenis Penelitian

Desain Penelitian

Variabel Terikat

Instrumen Penelitian

Subjek Penelitian

Assessing Students’ Critical Thinking and Physics Problem-Solving Skills in Secondary Schools

Penelitian survei

Penelitian survei

Kemampuan Berpikir Kritis

Critical Thinking Assessment (CTA), Physics Problem Solving

Ability Test (PPSAT)

66 siswa kelas empat jurusan IPA dari sekolah menengah di Wilayah Federal Labuan, Malaysia.

Development Of Contextual Assessment Instruments For Students’ Critical Thinking Skills Using Kahoot Quiz

RnD

RnD

Kemampuan Berpikir Kritis

Instrumen penilaian berbasis kontekstual yang diimplementasikan melalui platform Kahoot!

Siswa kelas X-MIPA 2 dan X-MIPA 5 di salah satu SMA

Critical Thinking Assessment in the Teaching of Writing Indonesian Scientific Texts in High School

mixed method

embedded concurrent

Kemampuan Berpikir Kritis

Lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tulis.

Guru dan Siswa Bahasa Indonesia di SMA di Jambi

Asesmen Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA pada Materi Fluida Statis melalui Assessment for Learning

Kualitatif deskriptif

Kualitatif deskriptif

Kemampuan Berpikir Kritis

§  Lembar asesmen keterampilan berpikir kritis (dalam bentuk soal esai).

§  Rubrik penilaian dengan indikator berpikir kritis dari Ennis.

Subjek: 35 siswa kelas XI IPA salah satu SMA Negeri di Kota Bandung.

Development of Waves Critical Thinking Test: Physics Essay Test for High School Students

 

RnD

RnD

Kemampuan Berpikir Kritis

Waves Critical Thinking Test (WCT) yang terdiri

fenomena gelombang. Tes ini terdiri dari: 7 pertanyaan dengan 15 ranah berpikir kritis yang spesifik dan Rubrik untuk menilai jawaban siswa

SMA Teuku Umar Semarang dan SMA Kesatrian 2 Semarang dengan 106 siswa

 

Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis sebagai Indikator Kesiapan Siswa dalam Menghadapi Tantangan Abad 21

mixed method

Explanatory Sequential Design

Kemampuan Berpikir Kritis

-       Tes Kemampuan Berpikir Kritis Berbasis pada framework Facione (The Delphi Report): Interpretation, Analysis, Evaluation, Inference, Explanation, Self-regulation

-       Kuisioner

Untuk kualitatif

-       Pedoman Wawancara

-       Observasi

 

Siswa SMA

 

Topik yang diajukan : Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis sebagai Indikator Kesiapan Siswa dalam Menghadapi Tantangan Abad 21

Alasan:

Judul " Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis sebagai Indikator Kesiapan Siswa dalam Menghadapi Tantangan Abad 21" "Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis sebagai Indikator Kesiapan Siswa dalam Menghadapi Tantangan Abad 21" didasarkan pada urgensi penguasaan keterampilan berpikir kritis sebagai salah satu kompetensi utama yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi dinamika abad 21, seperti pesatnya arus informasi, kompleksitas masalah global, dan tuntutan dunia kerja. Meskipun kurikulum nasional telah menekankan pentingnya kompetensi ini, praktik asesmennya di sekolah masih terbatas pada pengukuran kemampuan dasar dan belum menyentuh aspek penalaran mendalam, argumentasi logis, serta pengambilan keputusan berbasis bukti. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa secara lebih komprehensif sekaligus menilai sejauh mana kemampuan tersebut mencerminkan kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan nyata. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi praktis bagi guru dan sekolah dalam menyusun strategi pembelajaran yang lebih tepat serta mengembangkan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan abad 21. Selain itu, pendekatan mixed method yang digunakan memungkinkan data kuantitatif dan kualitatif saling melengkapi sehingga memberikan gambaran yang lebih utuh dan mendalam.

 

 

 

 

 

 

 

Novelty :

 

 

Comments

Popular posts from this blog

INSTRUMEN TES

Topik 1 "Assessment for learning"