Tindak Lanjut Artikel Asesmen Critical Thinking
Nama : Anggy Marthania Tatyanty Putri
NIM : 210321606912
Tindak Lanjut Artikel
Asesmen Critical Thinking
|
Judul |
Jenis Penelitian |
Desain Penelitian |
Variabel Terikat |
Instrumen Penelitian |
Subjek Penelitian |
|
Assessing Students’ Critical Thinking and Physics Problem-Solving Skills
in Secondary Schools |
Penelitian
survei |
Penelitian
survei |
Kemampuan
Berpikir Kritis |
Critical
Thinking Assessment (CTA), Physics Problem Solving Ability Test (PPSAT) |
66 siswa kelas empat jurusan IPA dari sekolah
menengah di Wilayah Federal Labuan, Malaysia. |
|
Development Of Contextual Assessment Instruments For Students’ Critical
Thinking Skills Using Kahoot Quiz |
RnD |
RnD |
Kemampuan
Berpikir Kritis |
Instrumen penilaian berbasis kontekstual
yang diimplementasikan melalui platform Kahoot! |
Siswa
kelas X-MIPA 2 dan X-MIPA 5 di salah satu SMA |
|
Critical Thinking Assessment in the Teaching of Writing Indonesian
Scientific Texts in High School |
mixed method |
embedded concurrent |
Kemampuan
Berpikir Kritis |
Lembar observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes tulis. |
Guru
dan Siswa Bahasa Indonesia di SMA di Jambi |
|
Asesmen Keterampilan Berpikir
Kritis Peserta Didik SMA pada Materi Fluida Statis melalui Assessment for
Learning |
Kualitatif
deskriptif |
Kualitatif
deskriptif |
Kemampuan
Berpikir Kritis |
§ Lembar asesmen keterampilan
berpikir kritis (dalam bentuk soal esai). § Rubrik penilaian dengan indikator
berpikir kritis dari Ennis. |
Subjek: 35
siswa kelas XI IPA salah satu SMA Negeri di Kota Bandung. |
|
Development of Waves Critical Thinking Test: Physics Essay Test for
High School Students |
RnD |
RnD |
Kemampuan
Berpikir Kritis |
Waves Critical
Thinking Test (WCT) yang terdiri fenomena
gelombang. Tes ini terdiri dari: 7 pertanyaan dengan 15 ranah berpikir kritis
yang spesifik dan Rubrik untuk menilai jawaban siswa |
SMA Teuku Umar Semarang
dan SMA Kesatrian 2 Semarang dengan 106 siswa |
|
Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis sebagai
Indikator Kesiapan Siswa dalam Menghadapi Tantangan Abad 21 |
mixed method |
Explanatory Sequential
Design |
Kemampuan Berpikir Kritis |
-
Tes Kemampuan
Berpikir Kritis Berbasis pada framework Facione (The Delphi Report):
Interpretation, Analysis, Evaluation,
Inference, Explanation, Self-regulation -
Kuisioner Untuk kualitatif -
Pedoman
Wawancara -
Observasi |
Siswa SMA |
Topik
yang diajukan : Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis sebagai Indikator Kesiapan Siswa dalam
Menghadapi Tantangan Abad 21
Alasan:
Judul " Asesmen Kemampuan
Berpikir Kritis sebagai Indikator Kesiapan Siswa dalam Menghadapi Tantangan
Abad 21" "Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis sebagai Indikator
Kesiapan Siswa dalam Menghadapi Tantangan Abad 21" didasarkan pada urgensi penguasaan keterampilan berpikir
kritis sebagai salah satu kompetensi utama yang harus dimiliki siswa untuk
menghadapi dinamika abad 21, seperti pesatnya arus informasi, kompleksitas
masalah global, dan tuntutan dunia kerja. Meskipun kurikulum nasional telah
menekankan pentingnya kompetensi ini, praktik asesmennya di sekolah masih
terbatas pada pengukuran kemampuan dasar dan belum menyentuh aspek penalaran
mendalam, argumentasi logis, serta pengambilan keputusan berbasis bukti. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis
siswa secara lebih komprehensif sekaligus menilai sejauh mana kemampuan
tersebut mencerminkan kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan nyata. Hasil
penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi praktis bagi guru dan sekolah
dalam menyusun strategi pembelajaran yang lebih tepat serta mengembangkan
asesmen yang sesuai dengan kebutuhan abad 21. Selain itu, pendekatan mixed
method yang digunakan memungkinkan data kuantitatif dan kualitatif saling
melengkapi sehingga memberikan gambaran yang lebih utuh dan mendalam.
Novelty
:
Comments
Post a Comment