ANALISIS KRITIS & NOVELTY SCIENTIFIC ARGUMENT
THE RELATIONSHIP BETWEEN CRITICAL THINKINGAND SCIENTIFIC ARGUMENTATION IN SCIENCE LEARNING
A. N. M. Fauziah, Wasis, A. F. Hendratmoko, M. A. Mahdiannur,M. Z. F. Ermawan, E. Suwandi, S. Y. Ratri
https://doi.org/10.15294/pwqxcp96
JPII 13 (2) (2024) 239-254
Metode Penelitian
-
Jenis Penelitian: Studi ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), yang memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai studi sebelumnya secara sistematis.
-
Kriteria Seleksi: Artikel yang dipilih adalah yang dipublikasikan antara tahun 2012 hingga 2022 dan terindeks di Scopus minimal Quartile 2 (Q2), memastikan kualitas dan relevansi sumber.
-
Jumlah Artikel yang Ditinjau: Dari 17.800 artikel yang ditemukan, hanya 11 artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan dianalisis lebih lanjut.
2. Instrumen Penelitian
-
Instrumen: Sebagai studi literatur sistematis, penelitian ini tidak menggunakan instrumen pengumpulan data primer seperti kuesioner atau tes, melainkan menggunakan protokol seleksi dan analisis literatur yang ketat untuk memastikan validitas dan reliabilitas temuan.
3. Desain Penelitian
-
Pendekatan: Desain penelitian ini bersifat deskriptif-analitis, dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis hubungan antara berpikir kritis dan argumentasi ilmiah berdasarkan literatur yang ada.
-
Analisis Data: Data dianalisis secara kualitatif dengan mengidentifikasi tema-tema utama, pola, dan hubungan yang muncul dari studi-studi yang ditinjau.
4. Variabel Terikat
-
Variabel Utama: Penelitian ini tidak secara eksplisit menyebutkan variabel terikat karena sifatnya yang kualitatif dan berbasis literatur. Namun, fokus utama adalah pada keterkaitan antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan argumentasi ilmiah dalam konteks pembelajaran IPA.
5. Subjek Penelitian
-
Subjek: Sebagai studi literatur, subjek penelitian ini adalah artikel-artikel ilmiah yang memenuhi kriteria seleksi. Tidak ada partisipan manusia yang terlibat langsung dalam penelitian ini.
Kesimpulan
Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami hubungan antara berpikir kritis dan argumentasi ilmiah dalam pembelajaran IPA. Dengan pendekatan sistematis dan seleksi sumber yang ketat, studi ini menawarkan wawasan berharga bagi pendidik dan peneliti dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan argumentasi ilmiah siswa.
Comments
Post a Comment