Essai Kecil dengan Topik Pertimbangan Awal Penelitian

Tahapan-tahapan dalam penelitian kualitatif terdapat beberapa langkah sebagai berikut :
(1)  Pra-Lapangan
·         Menyusun Rancangan Penelitian
Penelitian yang dari permasalahan dalam lingkup peristiwa yang sedang berlangsung dan diamati serta diverifikasi secara nyata pada saat dilakukan secara langsung penelitian. Peristiwa-peristiwa yang diamati dalam konteks kegiatan organisasi maupun kegiatan seseorang.
·         Memilih Lapangan
Sesuai dengan permasalahan yang diangkat dalam penelitian, maka dipilih lokasi penelitian yang digunakan sebagai sumber data, dengan mengasumsikan bahwa dalam penelitian kualitatif, jumlah (informan) tidak terlalu berpengaruh dari pada konteks. Pemilihan lapangan penelitian diarahkan oleh teori substantif yang dirumuskan dalam bentuk hipotesis kerja, walaupun masih tentatif sifatnya. Hipotesis kerja itu baru akan dirumuskan secara tetap setelah dikonfirmasikan dengan data yang muncul ketika peneliti sudah memasuki latar penelitian. Selain didasarkan pada rekomendasi-rekomendasi dari pihak yang terkait juga melihat dari keragaman masyarakat yang berada di sekitar tempat yang menempatkan perbedaan dan kemampuan potensi yang dimilikinya.
·         Mengurus Perizinan
Kaitannya dengan metode yang digunakan yaitu kualitatif, maka perizinan dari birokrasi yang bersangkutan biasanya dibutuhkan karena hal ini akan mempengaruhi keadaan lingkungan dengan kehadiran seseorang yang tidak dikenal atau diketahui. Perizinan bisa dilakukan oleh pemerintah setempat sebagaimana mereka memiliki kewenangan formal. Adapun masih ada jalur informal yakni memegang kunci kehidupan komunitas, seperti kepala adat.
Peneliti juga perlu memperhatikan tentang syarat lain yang diperlukan, seperti:
(1) surat tugas, (2) surat izin instansi di atasnya, (3) identitas diri, (4) perlengkapan penelitian.
·         Menjajagi dan Menilai Lapangan
Tahap ini merupakan orientasi lapangan. Penjajakan dan penilaian lapangan akan terlaksana dengan baik apabila peneliti sudah membaca kepustakaan atau mengetahui melalui orang dalam tentang situasi dan kondisi daerah tempat penelitian dilakukan. Sebelum menjajaki lapangan, peneliti sudah mempunyai gambaran umum tentang geografi, demografi, sejarah, tokoh-tokoh, adat, istiadat, konteks kebudayaan, kebiasaankebiasaan, agama, pendidikan, mata pencaharian. Maksud dan tujuan penjajakan lapangan adalah berusaha mengenal segala unsur lingkunga sosial, fisik, dan keadaan alam.
·         Memilih dan Memanfaatkan Keadaan
Informan merupakan orang yang dimanfaatkan untuk memberikan informasi tentang situasi dan kondisi latar penelitian. Ia berkewajiban secara sukarela menjadi anggota tim penelitian walaupun hanya bersifat informal. Sebagai anggota tim, ia dapat memberikan pandangan dari segi orang dalam tentang nilai-nilai, sikap, bangunan, proses, dan kebudayaan yang menjadi latar penelitian tersebut. Persyaratan dalam memilih dan menentukan seorang informan ia harus jujur, taat pada janji, patuh pada peraturan, suka berbicara, tidak termasuk anggota salah satu kelompok dalam latar penelitian, dan mempunyai pandangan tertentu tentang peristiwa yang terjadi. Kegunaan informan bagi peneliti ialah membantu agar secepatnya dan tetap seteliti mungkin dapat membenamkan diri dalam konteks setempat terutama bagi peneliti yang belum mengalami latihan etnografi, Lincoln dan Guba (1985: 258). Di samping itu, pemanfaatan informan bagi peneliti ialah agar dalam waktu yang relatif singkat banyak informasi yang terjaring, jadi sebagai sampling internal karena informan dimanfaatkan untuk berbicara, bertukar pikiran, atau membandingkan suatu kejadian yang ditemukan dari subjek lainnya (Bogdan dan Biklen, 1982: 65)
·         Menyiapkan Instrumen Penelitian
Dalam penelitian kualitatif, peneliti adalah ujung tombak sebagai pengumpul data (instrumen). Dalam pengumpulan data terdapat teknik yang dapat dilakukan berupa kegiatan, yakni observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
·         Persiapan Etika Dalam Penelitian
Peneliti akan berhubungan dengan masyarakat umum dan akan bergaul dan merasakan serta memahami bersama tatacara dan tatahidup dalam suatu latar penelitian. Persoalan etika akan muncul apabila peneliti tidak menghormati, mematuhi dan mengindahkan nilai-nilai masyarakat dan pribadi yang ada. Dalam menghadapi persoalan tersebut peneliti hendaknya mempersiapkan diri baik secara fisik, psikologis maupun mental
(2)  Lapangan
·         Memahami dan memasuki lapangan
-          Memahami latar penelitian; latar terbuka; dimana secara terbuka orang berinteraksi sehingga peneliti hanya mengamati, latar terttutup dimana peneliti berinteraksi secara langsung dengan orang.
-          Penampilan, Menyesuaikan penampilan dengan kebiasaan, adat, tata cara, dan budaya latar penelitian.
-          Pengenalan hubungan peneliti di lapangan, bertindak netral dengan peranserta dalam kegiatan dan hubungan akrab dengan subjek.
-          Jumlah waktu studi, pembatasan waktu melalui keterpenuhan informasi yang dibutuhkan.
·         Aktif Dalam Kegiatan (pengumpulan data)
(3)  Pengolahan Data
·         Reduksi Data
Laporan yang disusun berdasarkan data yang diperoleh direduksi, dirangkum, dipilih hal-hal yang pokok, difokuskan pada hal-hal yang penting. Data hasil dipilah berdasarkan satuan konsep, tema, dan kategori tertentu akan memberikan gambaran yang lebih tajam tentang hasil pengamatan juga mempermudah peneliti untuk mencari kembali data sebagai tambahan atas data sebelumnya yang diperoleh jika diperlukan.
·         Display Data
Data yang diperoleh dikategorikan menurut pokok permasalahan dan dibuat dalam bentuk matriks sehingga memudahkan peneliti untuk melihat polapola hubungan satu data dengan data lainnya.
 
·         Analisis Data
Contoh analisis data yang digunakan seperti model Content Analisis, yang mencakup kegiatan klarifikasi lambang-lambang yang dipakai dalam komunikasi, menggunakan kriteria-kriteria dalam klarifikasi, dan menggunakan teknik analisis dalam memprediksikan. Adapun kegiatan yang dijalankan dalam proses analisis ini meliputi :
(1) menetapkan lambang-lambang tertentu, (2) klasifikasi data berdasarkan lambang/simbol dan, (3) melakukan prediksi atas data.


Comments

Popular posts from this blog

INSTRUMEN TES

Topik 1 "Assessment for learning"