Tindak Lanjut Artikel Asesmen Creativity
Nama : Anggy Marthania Tatyanty Putri
NIM : 210321606912
Tindak Lanjut Artikel
Asesmen Creativity
|
Judul |
Jenis Penelitian |
Desain Penelitian |
Variabel Terikat |
Instrumen Penelitian |
Subjek Penelitian |
|
Development of Interactive Learning Media on Global Warming Materials
on Creativity Class X High School Students |
Penelitian
dan Pengembangan (Research and Development - R&D) |
Model Plomp yang terdiri dari tiga tahap:
|
Kreativitas
siswa kelas X SMA/MA |
Kuesioner
validitas Kuesioner
praktikalitas Lembar
observasi |
Siswa
kelas X SMA/MA di SMAN 2 Kota Sawahlunto, dengan jumlah total 20 siswa untuk
kuisioner praktikalitas.. |
|
Enhancing Creative Thinking Skills through Project-Based Learning
Assisted Game Open Online Physics Instructional |
Penelitian
kuasi-eksperimental |
Desain
dengan dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol |
Kemampuan
berpikir kreatif (Creative Thinking Skills) |
Tes kemampuan berpikir kreatif
berbentuk soal deskripsi |
75
siswa kelas delapan dari sebuah provinsi di Indonesia (30 laki-laki dan 45
perempuan) |
|
Pengembangan
Asesmen Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Materi Analisis
Dampak-Dampak Globalisasi |
Penelitian
dan pengembangan (Research and Development - R&D) |
Model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) |
Keterampilan
berpikir kreatif mahasiswa |
Asesmen keterampilan berpikir
kreatif berupa soal essay dan rubrik penilaian |
40
mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Pematangsiantar |
|
Pengaruh Model Creative Problem
Solving (CPS) Terhadap Self Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kreatif
Peserta Didik Pada Materi Optik |
Penelitian
kuasi-eksperimental |
Desain
non-equivalent control group design |
Self-efficacy Keterampilan berpikir kreatif |
§ Angket self-efficacy § Tes keterampilan berpikir kreatif
(pretest dan posttest) |
Siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3
Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023, dengan sampel dari dua kelas.. |
|
Identifikasi
Kreativitas Siswa SMA dalam Pembelajaran Levels of Inquiry pada Materi Sistem
Pernapasan Melalui Asesmen Kinerja |
Penelitian
deskriptif |
Desain
penelitian menggunakan asesmen kinerja dalam pembelajaran berbasis
inkuiri (Levels of Inquiry) |
Kreativitas
siswa |
Asesmen
kinerja (rubrik penilaian) Tes kreativitas gambar (Torrance Test of
Creative Thinking-Figural) |
30 siswa
kelas XI IPA di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung |
|
Pengembangan Instrumen Asesmen Kreativitas Siswa Berbasis
Masalah dalam Pemecahan Masalah Fisika Menggunakan Pendekatan Inkuiri
Terbimbing |
Rnd |
Model 4D (Define, Design,
Develop, Disseminate) |
Kemampuan pemecahan masalah |
- Draf instrumen asesmen kreativitas berbasis masalah. - Lembar validasi ahli. - Tes atau tugas pemecahan masalah fisika berbasis inkuiri. - Wawancara guru/siswa tentang keterbacaan dan kejelasan item. |
Siswa SMA |
Topik
yang diajukan : Pengembangan Instrumen Asesmen Kreativitas Siswa Berbasis Masalah dalam
Pemecahan Masalah Fisika Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing
Alasan:
Judul " Pengembangan
Instrumen Asesmen Kreativitas Siswa Berbasis Masalah dalam Pemecahan Masalah
Fisika Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing” Judul ini dipilih karena kreativitas merupakan salah satu keterampilan
penting abad ke-21 yang perlu dikembangkan dan diukur dalam proses
pembelajaran, termasuk dalam mata pelajaran fisika. Namun, selama ini asesmen
terhadap kreativitas siswa seringkali belum menjadi fokus utama dalam
pembelajaran fisika di sekolah. Pembelajaran fisika masih cenderung
berorientasi pada hafalan rumus dan penerapan prosedural, bukan pada kemampuan
berpikir orisinal dan fleksibel dalam menyelesaikan masalah.
Oleh karena itu, diperlukan suatu
instrumen asesmen yang dirancang secara khusus untuk mengukur kreativitas siswa
dalam konteks yang relevan, yaitu dalam pemecahan masalah fisika berbasis
masalah. Pendekatan inkuiri terbimbing dipilih karena pendekatan ini
memungkinkan siswa mengeksplorasi ide-ide mereka dengan tetap mendapatkan
bimbingan dari guru, sehingga dapat memfasilitasi munculnya kreativitas secara
lebih terarah dan produktif.
Pengembangan instrumen ini bertujuan
untuk menghasilkan alat ukur yang valid dan reliabel, yang dapat membantu guru
dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi kreativitas siswa secara lebih objektif
dan kontekstual. Judul ini juga mencerminkan integrasi antara aspek konten
(fisika), proses pembelajaran (inkuiri terbimbing), dan asesmen (pengukuran
kreativitas), sehingga memberikan kontribusi teoritis maupun praktis bagi dunia
pendidikan, khususnya dalam upaya menciptakan pembelajaran fisika yang lebih
bermakna dan menantang.
Novelty
:
Comments
Post a Comment