Tindak Lanjut Artikel Asesmen Creativity

Nama  : Anggy Marthania Tatyanty Putri

NIM    : 210321606912

Tindak Lanjut Artikel

Asesmen Creativity

Judul

Jenis Penelitian

Desain Penelitian

Variabel Terikat

Instrumen Penelitian

Subjek Penelitian

Development of Interactive Learning Media on Global Warming Materials on Creativity Class X High School Students

Penelitian dan Pengembangan (Research and Development - R&D)

Model Plomp yang terdiri dari tiga tahap:

  1. Preliminary Research Phase
  2. Prototype Development Phase
  3. Assessment Phase

 

Kreativitas siswa kelas X SMA/MA

Kuesioner validitas

Kuesioner praktikalitas

Lembar observasi

Siswa kelas X SMA/MA di SMAN 2 Kota Sawahlunto, dengan jumlah total 20 siswa untuk kuisioner praktikalitas..

Enhancing Creative Thinking Skills through Project-Based Learning Assisted Game Open Online Physics Instructional

Penelitian kuasi-eksperimental

Desain dengan dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol

Kemampuan berpikir kreatif (Creative Thinking Skills)

Tes kemampuan berpikir kreatif berbentuk soal deskripsi

75 siswa kelas delapan dari sebuah provinsi di Indonesia (30 laki-laki dan 45 perempuan)

Pengembangan Asesmen Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa pada Materi Analisis Dampak-Dampak Globalisasi

Penelitian dan pengembangan (Research and Development - R&D)

Model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate)

Keterampilan berpikir kreatif mahasiswa

Asesmen keterampilan berpikir kreatif berupa soal essay dan rubrik penilaian

40 mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Pematangsiantar

Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Self Efficacy dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Optik

Penelitian kuasi-eksperimental

Desain non-equivalent control group design

Self-efficacy

Keterampilan berpikir kreatif

§  Angket self-efficacy

§  Tes keterampilan berpikir kreatif (pretest dan posttest)

Siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023, dengan sampel dari dua kelas..

Identifikasi Kreativitas Siswa SMA dalam Pembelajaran Levels of Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Melalui Asesmen Kinerja

Penelitian deskriptif

Desain penelitian menggunakan asesmen kinerja dalam pembelajaran berbasis inkuiri (Levels of Inquiry)

Kreativitas siswa

Asesmen kinerja (rubrik penilaian) Tes kreativitas gambar (Torrance Test of Creative Thinking-Figural)

 

30 siswa kelas XI IPA di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung

Pengembangan Instrumen Asesmen Kreativitas Siswa Berbasis Masalah dalam Pemecahan Masalah Fisika Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing

Rnd

Model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate)

Kemampuan pemecahan masalah

-       Draf instrumen asesmen kreativitas berbasis masalah.

-       Lembar validasi ahli.

-       Tes atau tugas pemecahan masalah fisika berbasis inkuiri.

-       Wawancara guru/siswa tentang keterbacaan dan kejelasan item.

Siswa SMA

 

Topik yang diajukan : Pengembangan Instrumen Asesmen Kreativitas Siswa Berbasis Masalah dalam Pemecahan Masalah Fisika Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing

Alasan:

Judul " Pengembangan Instrumen Asesmen Kreativitas Siswa Berbasis Masalah dalam Pemecahan Masalah Fisika Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing” Judul ini dipilih karena kreativitas merupakan salah satu keterampilan penting abad ke-21 yang perlu dikembangkan dan diukur dalam proses pembelajaran, termasuk dalam mata pelajaran fisika. Namun, selama ini asesmen terhadap kreativitas siswa seringkali belum menjadi fokus utama dalam pembelajaran fisika di sekolah. Pembelajaran fisika masih cenderung berorientasi pada hafalan rumus dan penerapan prosedural, bukan pada kemampuan berpikir orisinal dan fleksibel dalam menyelesaikan masalah.

Oleh karena itu, diperlukan suatu instrumen asesmen yang dirancang secara khusus untuk mengukur kreativitas siswa dalam konteks yang relevan, yaitu dalam pemecahan masalah fisika berbasis masalah. Pendekatan inkuiri terbimbing dipilih karena pendekatan ini memungkinkan siswa mengeksplorasi ide-ide mereka dengan tetap mendapatkan bimbingan dari guru, sehingga dapat memfasilitasi munculnya kreativitas secara lebih terarah dan produktif.

Pengembangan instrumen ini bertujuan untuk menghasilkan alat ukur yang valid dan reliabel, yang dapat membantu guru dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi kreativitas siswa secara lebih objektif dan kontekstual. Judul ini juga mencerminkan integrasi antara aspek konten (fisika), proses pembelajaran (inkuiri terbimbing), dan asesmen (pengukuran kreativitas), sehingga memberikan kontribusi teoritis maupun praktis bagi dunia pendidikan, khususnya dalam upaya menciptakan pembelajaran fisika yang lebih bermakna dan menantang.

 

 

 

 

 

Novelty :

 

 

Comments

Popular posts from this blog

INSTRUMEN TES

Topik 1 "Assessment for learning"