Analisis Deskripsi Novelty dan Analisis Kritis Artikel Asesmen Critical Thinking

DEVELOPMENT OF CONTEXTUAL ASSESSMENT INSTRUMENTS FOR STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS USING KAHOOT QUIZ

Erina Septenia Holiqi, Maryani, Sri Handono Budi Prastowo Pendidikan Fisika, Universitas Jember, erinaseptenia00@gmail.com

Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 10 No. 2

http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Nama : Anggy Marthania Tatyanty Putri

Nim    : 210321606912

Offering    : B

Prodi    : S2 Pendidikan Fisika

NOVELTY

Penelitian ini menawarkan pendekatan baru dalam pengembangan instrumen penilaian berbasis kontekstual yang dikombinasikan dengan platform digital Kahoot! untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Meskipun penggunaan Kahoot! dalam pendidikan telah banyak dibahas, integrasi antara pendekatan kontekstual dan teknologi gamifikasi dalam penilaian kemampuan berpikir kritis masih relatif jarang ditemukan dalam literatur. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi inovatif dalam bidang evaluasi pendidikan dengan memanfaatkan teknologi interaktif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas penilaian.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari instrumen penilaian berbasis kontekstual berbantuan quiz kahoot untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Desain pada penelitian ini adalah Research and Development dengan uji coba terbatas pada 10 siswa kelas X-Mipa 2 dan uji coba luas pada 30 siswa kelas X-Mipa 5. Data yang diambil pada penelitian ini adalah validasi isi oleh para ahli, uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda, angket respon siswa terhadap instrumen penilaian, dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase kelayak menurut ahli materi diperoleh 93,33% dan ahli media sebesar 81,05% dengan kriteria sangat layak. Respon siswa terhadap instrumen penilaian mendapatkan respon positif dari semua peserta didik. Kemampuan berpikir kritis siswa diukur dengan instrumen penilaian mendapatkan nilai ratarata 64 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian berbasis kontekstual berbantuan quiz kahoot untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa layak untuk digunakan.

ANALISIS KRITIS

1. Metode Penelitian

  • Jenis Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), yang sesuai untuk tujuan mengembangkan dan menguji kelayakan instrumen penilaian.

  • Langkah-langkah: Proses penelitian mencakup validasi oleh ahli materi dan media, uji coba terbatas dan luas, serta analisis statistik terhadap validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal.

2. Instrumen Penelitian

  • Jenis Instrumen: Instrumen penilaian berbasis kontekstual yang diimplementasikan melalui platform Kahoot! untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa.

  • Validasi: Instrumen divalidasi oleh ahli materi dengan skor kelayakan 93,33% dan oleh ahli media dengan skor 81,05%, menunjukkan bahwa instrumen sangat layak digunakan.

3. Desain Penelitian

  • Desain: Penelitian menggunakan desain R&D dengan uji coba terbatas pada 10 siswa kelas X-MIPA 2 dan uji coba luas pada 30 siswa kelas X-MIPA 5.

4. Variabel Terikat

  • Variabel: Kemampuan berpikir kritis siswa.

  • Pengukuran: Kemampuan berpikir kritis diukur menggunakan instrumen yang dikembangkan dan diimplementasikan melalui Kahoot!.

5. Subjek Penelitian

  • Subjek: Siswa kelas X-MIPA 2 dan X-MIPA 5 di salah satu SMA.

  • Jumlah: Uji coba terbatas melibatkan 10 siswa, dan uji coba luas melibatkan 30 siswa.


Kesimpulan

Penelitian ini memberikan kontribusi inovatif dalam pengembangan instrumen penilaian dengan mengintegrasikan pendekatan kontekstual dan teknologi gamifikasi melalui Kahoot! untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Meskipun demikian, beberapa aspek metodologis seperti rincian model pengembangan R&D, operasionalisasi variabel, dan kriteria pemilihan subjek perlu dijelaskan lebih lanjut untuk meningkatkan transparansi dan replikasi penelitian di masa depan.



Comments

Popular posts from this blog

INSTRUMEN TES

Topik 1 "Assessment for learning"