Tindak Lanjut Artikel Penguasaan Konsep
Nama : Anggy Marthania Tatyanty Putri
NIM : 210321606912
Tindak Lanjut Artikel
Asesmen
Penguasaan Konsep Fisika
|
Judul |
Jenis Penelitian |
Desain Penelitian |
Variabel Terikat |
Instrumen Penelitian |
Subjek Penelitian |
|
Polarising questions in the Force
Concept Inventory |
Pendekatan
deskriptif |
Analisis
FCI |
Penguasaan
Konsep Fisika |
FCI
: tes pilihan ganda yang dirancang untuk mengukur penguasaan konsep dasar
dalam mekanika Newton |
Mahasiswa
dari program pendidikan fisika atau kursus yang mengajarkan mekanika Newton
di tingkat universitas |
|
Penerapan Asesmen Representasi melalui
Pendekatan Student Centered Learning (SCL) untuk
Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Psikomotor |
classroom
action research (penelitian tindakan kelas) |
Tiga siklus, setiap siklus
mencakup tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi |
Penguasaan
Konsep dan Kemampuan Psikomotor |
Observasi
dan tes |
27
mahasiswa Pendidikan Fisika semester III |
|
Enhanced Conceptual Understanding
Through Formative Assessment:Results of a Randomized Controlled Intervention
Study in Physics Classes |
Eksperimen |
Kontrol
acak |
Tingkat
pemahaman konsep fisika siswa |
Tes
konseptual fisika sebelum dan sesudah intervensi serta wawancara dan
kuesioner untuk mengukur dampak asesmen formatif terhadap pemahaman siswa |
Siswa
sekolah menengah atas yang mengikuti pembelajaran fisika |
|
The Effect of STEM-based 7E Learning
Cycle Model with Formative Assessment on Concept Mastery in Work and Energy
Topic |
Campuran |
Eksperimen
terintegrasi |
Penguasaan
konsep |
Tes
penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda dengan alasan sebanyak 15 soal
dengan reliabilitas sebesar 0,704 dan wawancara |
27
siswa kelas sepuluh SMA Laboratorium UM, Indonesia |
|
The Effect
Feedback as Soft Scaffoleding on Ongoing Assessment Toward The Quantum Physiscs
Concept Mastery of The Prospective Physics Teachers |
Eksperimen |
Quasi-experimental design dengan non-equivalen
pretest-posttest control group |
Penguasaan
konsep Fisika Kuantum siswa, diukur melalui nilai prestest dan posttest |
Perancangan
instrumen penilaian berbasis kinerja, Validasi isi, konstruk, dan bahasa
dilakukan oleh pakar |
37
mahasiswa yang dibagi menjadi 19 siswa pada kelas eksperimental dan 18 siswa
pada kelas kontrol |
|
Pengembangan
Instrumen
Three-Tier Test Melalui
Asesmen Diagnostik untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi
Kinematika Gerak |
Research and Development (R&D) |
ADDIE |
Miskonsepsi Siswa |
Three-Tier Test |
Siswa SMA |
Topik
yang diajukan : Pengembangan Instrumen Three-Tier Test Melalui Asesmen Diagnostik untuk Mengidentifikasi
Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Kinematika Gerak
Alasan: Judul ini
dipilih karena materi
kinematika gerak merupakan materi awal dalam pembelajaran fisika di SMA yang
menjadi dasar bagi konsep-konsep selanjutnnya seperti dinamika, momentum, dan
energi. Namun, siswa sering mengalami miskonsepsi, misalnya terkait percepatan, kecepatan, dan
grafik gerak. Dengan menggunakan Three-Tier Test dibandingkan tes pilihan ganda biasa, Three-Tier
Test tidak hanya mengukur jawaban
benar atau salah, tetapi juga mengetahui alasan dalam menjawab soal dan tingkat keyakinan siswa. Instrumen asesmen yang dikembangkan dalam
bentuk Three-Tier Test membantu untuk menjadi alat ukur yang
valid bagi guru fisika dalam proses
evaluasi dan refleksi pembelajaran. Hal ini sangat berguna untuk
mengidentifikasi miskonsepsi secara lebih akurat. Asesmen diagnostik berfungsi
untuk memetakan pemahaman awal siswa sebelum atau selama proses pembelajaran, sehingga guru dapat
menyesuaikan strategi mengajar yang tepat sasaran.
Novelty
:
Comments
Post a Comment