Tindak Lanjut Artikel Penguasaan Konsep

Nama  : Anggy Marthania Tatyanty Putri

NIM    : 210321606912

Tindak Lanjut Artikel

Asesmen Penguasaan Konsep Fisika

Judul

Jenis Penelitian

Desain Penelitian

Variabel Terikat

Instrumen Penelitian

Subjek Penelitian

Polarising questions in the Force Concept Inventory

 

Pendekatan deskriptif

 

Analisis FCI

 

Penguasaan Konsep Fisika

FCI : tes pilihan ganda yang dirancang untuk mengukur penguasaan konsep dasar dalam mekanika Newton

 

Mahasiswa dari program pendidikan fisika atau kursus yang mengajarkan mekanika Newton di tingkat universitas

 

Penerapan Asesmen Representasi melalui Pendekatan Student Centered Learning (SCL) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Psikomotor

classroom action research (penelitian tindakan kelas) 

Tiga siklus, setiap siklus mencakup tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi

Penguasaan Konsep dan Kemampuan Psikomotor

Observasi dan tes 

27 mahasiswa Pendidikan Fisika semester III

Enhanced Conceptual Understanding Through Formative Assessment:Results of a Randomized Controlled Intervention Study in Physics Classes

 

Eksperimen

Kontrol acak

 

Tingkat pemahaman konsep fisika siswa

 

Tes konseptual fisika sebelum dan sesudah intervensi serta wawancara dan kuesioner untuk mengukur dampak asesmen formatif terhadap pemahaman siswa

Siswa sekolah menengah atas yang mengikuti pembelajaran fisika

 

The Effect of STEM-based 7E Learning Cycle Model with Formative Assessment on Concept Mastery in Work and Energy Topic

Campuran

 

Eksperimen terintegrasi

 

Penguasaan konsep

Tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda dengan alasan sebanyak 15 soal dengan reliabilitas sebesar 0,704 dan wawancara

27 siswa kelas sepuluh SMA Laboratorium UM,

Indonesia

The Effect Feedback as Soft Scaffoleding on Ongoing Assessment Toward The Quantum Physiscs Concept Mastery of The Prospective Physics Teachers

Eksperimen

 

Quasi-experimental design dengan non-equivalen pretest-posttest control group

Penguasaan konsep Fisika Kuantum siswa, diukur melalui nilai prestest dan posttest

Perancangan instrumen penilaian berbasis kinerja, Validasi isi, konstruk, dan bahasa dilakukan oleh pakar

37 mahasiswa yang dibagi menjadi 19 siswa pada kelas eksperimental dan 18 siswa pada kelas kontrol

Pengembangan Instrumen Three-Tier Test Melalui Asesmen Diagnostik untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Kinematika Gerak

Research and Development  (R&D)

ADDIE

Miskonsepsi Siswa

Three-Tier Test

Siswa SMA

 

Topik yang diajukan : Pengembangan Instrumen Three-Tier Test Melalui Asesmen Diagnostik untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Kinematika Gerak

Alasan: Judul ini dipilih karena materi kinematika gerak merupakan materi awal dalam pembelajaran fisika di SMA yang menjadi dasar bagi konsep-konsep selanjutnnya seperti dinamika, momentum, dan energi. Namun, siswa sering mengalami miskonsepsi, misalnya terkait percepatan, kecepatan, dan grafik gerak. Dengan menggunakan Three-Tier Test dibandingkan tes pilihan ganda biasa, Three-Tier Test tidak hanya mengukur jawaban benar atau salah, tetapi juga mengetahui alasan dalam menjawab soal dan tingkat keyakinan siswa. Instrumen asesmen yang dikembangkan dalam bentuk Three-Tier Test membantu untuk menjadi alat ukur yang valid bagi guru fisika dalam proses evaluasi dan refleksi pembelajaran. Hal ini sangat berguna untuk mengidentifikasi miskonsepsi secara lebih akurat. Asesmen diagnostik berfungsi untuk memetakan pemahaman awal siswa sebelum atau selama proses pembelajaran, sehingga guru dapat menyesuaikan strategi mengajar yang tepat sasaran.

Novelty :



 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

INSTRUMEN TES

Topik 1 "Assessment for learning"