ANALISIS KRITIS & NOVELTY PENGUASAAN KONSEP

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik 

Naf’atuzzahrah*, Muhammad Taufik, Gunawan, Hairunnisyah Sahidu 

Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Mataram

DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v8iSpecial%20Issue.3393

Nama Pengulas : Anggy Marthania Tatyanty Putri

Nim                   : 210321606912

Offering            : B

Prodi                : S2 Pendidikan Fisika

Abstrak

This development research aims to produce such a product in the form of learning tools with the 5E learning cycle model to improve students' mastery of physics concepts. This type of research is included in Research and Development (R&D) with a 4D model consisting of Define, Design, Development, and Dissemination. The learning device products developed are syllabus, Learning Implementation Plan, Student Worksheets and Concept Mastery Test Instruments. Data collection techniques used validation sheets. The data on the validity of the learning device was obtained from filling out the validation sheet by the validators and has been analyzed using a Likert scale. The results of the study based on the assessment of the validators showed that the average value of the validity of all learning tools developed was 88.54% and 92.62% with very valid and reliable criteria. The variables tested were mastery of physics concepts through limited trial activities by providing test instruments for mastery of physics concepts in the form of pretest and posttest which were then analyzed using the Ngain test. Then the average result of the N-gain test for mastery of physics concepts on static fluid material is 0.55 with a moderate improvement category. So, it can be concluded that the learning device of the 5E learning cycle model is valid and effective to improve the mastery of physics concepts for the students of SMAN 1 Gunungsari. 

Keywords: Development; Learning Tools; 5E Learning Cycle Model; Concept Mastery

ANALISIS KRITIS

1. Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahapan :

  1. Define (Pendefinisian)

  2. Design (Perancangan)

  3. Develop (Pengembangan)

  4. Disseminate (Penyebaran)​​

2. Desain Penelitian

Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design, di mana satu kelompok peserta didik diberikan pretest sebelum intervensi (penggunaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan) dan posttest setelahnya. Hal ini memungkinkan peneliti untuk mengukur peningkatan penguasaan konsep fisika akibat intervensi tersebut.

3. Jenis Penelitian

Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori Penelitian dan Pengembangan (R&D), yang bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keefektifan produk pendidikan, dalam hal ini perangkat pembelajaran model Learning Cycle 5E.

4. Variabel Terikat

Variabel terikat dalam penelitian ini adalah penguasaan konsep fisika peserta didik, yang diukur melalui tes sebelum dan sesudah penggunaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.

5. Instrumen Penelitian

Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi:

  • Lembar Validasi: Digunakan oleh validator untuk menilai validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan.

  • Tes Penguasaan Konsep: Berupa pretest dan posttest untuk mengukur tingkat pemahaman konsep fisika peserta didik sebelum dan sesudah intervensi.

6. Subjek Penelitian

Subjek penelitian adalah peserta didik di SMAN 1 Gunungsari, yang terlibat dalam uji coba perangkat pembelajaran yang dikembangkan.

NOVELTY

Kebaruan (Novelty)

Kebaruan dalam penelitian ini terletak pada:

  • Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Learning Cycle 5E: Meskipun model Learning Cycle 5E telah dikenal, implementasinya dalam bentuk perangkat pembelajaran yang spesifik untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika merupakan kontribusi baru.

Penggunaan model Learning Cycle 5E secara spesifik untuk penguasaan konsep fisika dalam bentuk perangkat pembelajaran (RPP, LKPD, media, dll)​
  • Validasi dan Efektivitas Perangkat: Penelitian ini tidak hanya mengembangkan perangkat, tetapi juga menguji validitas dan efektivitasnya secara empiris, menunjukkan peningkatan penguasaan konsep fisika dengan rata-rata N-gain sebesar 0,55 dalam kategori sedang.


Comments

Popular posts from this blog

INSTRUMEN TES

Topik 1 "Assessment for learning"