Tindak Lanjut Artikel Performance Assesment
Nama : Anggy Marthania Tatyanty Putri
NIM : 210321606912
Tindak Lanjut Artikel
Tes Performance Assesment
|
Judul |
Jenis Penelitian |
Desain Penelitian |
Variabel Terikat |
Instrumen Penelitian |
Subjek Penelitian |
|
Development and Application of a Rubric
for Evaluating Students’ Performance on Newton’s Laws of Motion |
Kuasi-eksperimen |
Control
group design with a pretest and posstest |
Kinerja
siswa dalam Hukum Newton tentang gerak yang meliputi pemahaman dan kemampuan pemecahan
masalah |
Tes
pilihan ganda dengan jumlah pertanyaan 23 untuk mengetahui pemahaman konsep siswa
pada materi Hukum Newton tentang gerak |
153
mahasiswa tahun kedua di jurusan pendidikan sains dasar di empat kelas utuh
di fakultas pendidikan di Universitas Balikesir |
|
Development of student performance assessment
based on scientific approach for a basic physics practicum in simple harmonic
motion materials |
RnD |
Model pengembangan ADDIE |
Penilaian
kinerja berbasis pendekatan saintifik pada praktikum fisika dasar pada materi
gerak harmonis sederhana yang valid dan reliabel |
Instrumen
Penilaian Kerja |
Mahasiswa |
|
Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja (Performance
Assessment) Praktikum pada Mata Pelajaran Fisika di SMA |
RnD |
- |
Instrumen
penilaian kinerja praktikum fisika dan deskripsi kelayakan instrumen yang dikembangkan |
Angket
sebagai analisis kebutuhan |
Siswa
SMA |
|
Critical Thinking Skills in Performance-Based
Assessment: Instrument Development and Validation |
RnD |
Borg
and Gall |
Berpikir
kritis mahasiswa dalam pengujian kualitas pengelasan |
Instrumen
penilaian berbasis kinerja, Validasi isi, konstruk, dan bahasa dilakukan oleh
pakar. |
Uji
coba terhadap siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Kota Jambi |
|
Physics-Based Multidisciplinary Approach
for the Preliminary Design and Performance Analysis of a Medium Range
Aircraft with Box-Wing Architecture |
penelitian
desain dan rekayasa |
Eksperimental |
Kinerja
pesawat, yang mencakup aspek-aspek seperti kapasitas muatan, konsumsi bahan
bakar, dan efisiensi aerodinamis. |
Perangkat
lunak simulasi dan alat analisis berbasis fisika |
Desain
pesawat jarak menengah dengan arsitektur sayap kotak |
|
Pengembangan
Instrumen Performance
Assessment untuk
Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Berbasis
Proyek |
Rnd |
ADDIE (analysis, design,
development, implementation, dan evaluation). Penelitian ini hanya sampai
pada tahap implementation |
Keterampilan Berpikir Kritis Siswa |
Angket validasi ahli media, angket
validasi instrument soal dan angket respon siswa |
Siswa Kelas 10 SMA |
Topik
yang diajukan : Pengembangan Instrumen Performance Assessment untuk Meningkatkan Keterampilan
Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Proyek
Alasan: dipilih karena
relevansinya denga pendidikan saat ini yang menekankan keterampilan abad ke-21,
salah satunya adalah berpikir kritis. Pembelajaran berbasis proyek
(Project-Based Learning/PBL) merupakan salah satu metode yang efektif dalam
melatih berpikir kritis karena siswa dituntut untuk merancang, menganalisis,
dan mengevaluasi proyek. Instrumen yang dikembangkan dapat membantu guru
menilai tidak hanya pemahaman konsep tetapi juga kemampuan analisis, evaluasi,
dan sintesis siswa dalam proyek
Novelty
:
Comments
Post a Comment