Tindak Lanjut Artikel Diagnostic Test
Nama : Anggy Marthania Tatyanty Putri
NIM : 210321606912
TINDAK
LANJUT ARTIKEL
DIAGNOSTIC TEST
|
Judul |
Jenis
Penelitian |
Desain
Penelitian |
Variabel
Terikat |
Instrumen
Penelitian |
Subjek
Penelitian |
|
Identification
of Physics Misconceptions Using Five-Tier Diagnostic Test: Newton’s Law
of Gravitation Context |
Kuantitatif |
Kuantitatif-deskriptif
tanpa eksperimen (non- experimental) |
Tingkat
miskonsepsi siswa dalam memahami Hukum Gravitasi Newton. |
·
Tes Diagnostik Lima Tingkat (Five-Tier Diagnostic Test)
yang terdiri dari 17 soal. ·
Validasi oleh ahli: Instrumen diuji dan divalidasi
dengan tingkat kelayakan 97% (kategori sangat baik). ·
Kategori pemahaman konsep siswa berdasarkan hasil tes |
18
siswa SMA di Sumatera Barat sebagai sampel penelitian. |
|
The
Identification of Misconceptions of Physics Education Students at Universitas
Sriwijaya Using Four-Tier Diagnostic Test
on Static Fluid Material |
Kuantitatif |
Kuantitatif-deskriptif
tanpa eksperimen (non- experimental) |
Tingkat
miskonsepsi siswa dalam memahami Fluida Statis |
Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes diagnostik empat
tingkat dan wawancara. |
33 mahasiswa yang terdaftar di semester lima Program Studi Pendidikan Fisika FKIP . |
|
Analisis Miskonsepsi Siswa
Menggunakan Tes Diagnostik Esai Berbantuan
CRI (Certainty of Response Index) Pada Pokok Bahasan
Asam Basa |
Kuantitatif |
Kuantitatif-deskriptif
tanpa eksperimen (non- experimental) |
Tingkat
miskonsepsi siswa dalam memahami Asam Basa |
Tes diagnostik esai, metode Certainty of
Response Index (CRI), angket, dan wawancara. |
Siswa kelas XI MIPA di
SMAN 6 Bengkulu dengan sampel 50 siswa Universitas Sriwijaya pada
tahun ajaran 2022/2023. |
|
Diagnostic
Test with Four-Tier in Physics Learning: Case of Misconception in Newton’s Law Material |
RnD |
Borg
& Gall, tetapi hanya 7 dari 10 tahapan yang diterapkan, yaitu Pengumpulan informasi awal, Perumusan
tujuan, Pengembangan produk awal,
Uji coba skala kecil, Revisi produk, Uji coba skala besar, dan Revisi akhir produk |
Tingkat miskonsepsi siswa dalam memahami
hukum Newton. |
§ Tes Diagnostik Four-Tier, terdiri dari: 1. Pilihan ganda 2. Keyakinan terhadap jawaban 3. Alasan memilih jawaban 4. Keyakinan terhadap alasan § Validasi ahli (expert judgment) Uji validitas dan reliabilitas soal |
§
Mahasiswa Pendidikan Fisika
di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. § Total 96 mahasiswa, terdiri dari: § 32 mahasiswa dalam
uji coba skala kecil 64
mahasiswa dalam uji coba skala besar |
|
Fostering Preservice Teachers’ Diagnostic Competence in Identifying Students’ Misconceptions in Physics |
Eksperimen Kuasi |
Pretest-Posttest dengan kelompok eksperimen dan control |
Kompetensi
diagnostik calon guru (pengetahuan konseptual & prosedural) |
Tes diagnostik berbasis pilihan ganda, validasi reliabilitas Cronbach’s Alpha |
81 calon
guru fisika di Tanzania |
|
Pengembangan Tes Diagnostik Adaptif Berbasis
Komputer untuk Mengidentifikasi Kesulitan Belajar dan Meningkatkan
Efektivitas Pembelajaran Fisika pada Siswa SMA |
RnD (Research and Develompment) |
RnD (Research and Develompment) |
Tingkat Kesulitan Belajar dan Meningkatkan
Efektivitas Pembelajaran Fisika |
Ø Soal tes diagnostic (CAT - Computerized Adaptive
Testing) Ø Wawancara diagnostik Ø Kuisioner atau angket Ø Soal Pretest dan postest |
Siswa SMA |
Topik yang diajukan Pengembangan Tes
Diagnostik Adaptif Berbasis Komputer untuk Mengidentifikasi Kesulitan Belajar dan
Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Fisika pada Siswa SMA
Alasan : Alasan
untuk membuat artikel berjudul “Pengembangan Tes Diagnostik Adaptif Berbasis
Komputer untuk Mengidentifikasi Kesulitan Belajar dan Meningkatkan Efektivitas
Pembelajaran Fisika pada Siswa SMA” adalah karena pembelajaran fisika sangat
sulit untuk dipahami. Dengan menggunakan tes diagnostik adaptif
berbasis komputer akan sesuai dengan tren digitalisasi pendidikan. Tes adaptif
memungkinkan guru menyesuaikan materi berdasarkan kemampuan masing-masing
siswa. Tes ini membantu mengidentifikasi miskonsepsi dalam fisika. Siswa akan mendapatkan
materi sesuai dengan kebutuhan berdasarkan hasil tes dan menyesuaikan tingkat
kesulitan siswa.
Comments
Post a Comment