Tindak Lanjut Artikel Diagnostic Test

 

Nama  : Anggy Marthania Tatyanty Putri

NIM    : 210321606912

TINDAK LANJUT ARTIKEL

DIAGNOSTIC TEST

 

Judul

Jenis Penelitian

Desain Penelitian

Variabel Terikat

Instrumen Penelitian

Subjek Penelitian

Identification of Physics Misconceptions Using Five-Tier Diagnostic Test: Newton’s Law of Gravitation Context

 

Kuantitatif

Kuantitatif-deskriptif tanpa eksperimen (non- experimental)

Tingkat miskonsepsi siswa dalam memahami Hukum Gravitasi Newton.

·       Tes Diagnostik Lima Tingkat (Five-Tier Diagnostic Test) yang terdiri dari 17 soal.

·       Validasi oleh ahli: Instrumen diuji dan divalidasi dengan tingkat kelayakan 97% (kategori sangat baik).

·       Kategori pemahaman konsep siswa berdasarkan hasil tes

 

18 siswa SMA di Sumatera Barat sebagai sampel penelitian.

 

The Identification of Misconceptions of Physics Education Students at Universitas Sriwijaya Using Four-Tier Diagnostic Test on Static Fluid Material

 

Kuantitatif

Kuantitatif-deskriptif tanpa eksperimen (non- experimental)

Tingkat miskonsepsi siswa dalam memahami Fluida Statis

Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes diagnostik

empat tingkat dan wawancara.

 

33 mahasiswa yang terdaftar di semester lima Program Studi Pendidikan Fisika FKIP

.

Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Esai Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) Pada Pokok Bahasan Asam Basa

 

 

Kuantitatif

Kuantitatif-deskriptif tanpa eksperimen (non- experimental)

 

Tingkat miskonsepsi siswa dalam memahami

Asam Basa

Tes diagnostik esai, metode Certainty of Response Index (CRI), angket, dan wawancara.

Siswa kelas XI MIPA di SMAN 6 Bengkulu dengan sampel 50 siswa

Universitas Sriwijaya pada tahun ajaran 2022/2023.

 

 

 

 

 

Diagnostic Test with Four-Tier in Physics Learning: Case of Misconception in Newton’s Law Material

 

 

 

 

 

 

RnD

Borg & Gall, tetapi hanya 7 dari 10 tahapan yang diterapkan, yaitu Pengumpulan informasi awal, Perumusan tujuan, Pengembangan produk awal, Uji coba skala kecil, Revisi produk, Uji coba skala besar, dan Revisi akhir produk

 

 

 

 

 

Tingkat miskonsepsi siswa dalam memahami hukum Newton.

§   Tes           Diagnostik Four-Tier, terdiri dari:

1.     Pilihan ganda

2.     Keyakinan terhadap jawaban

3.     Alasan    memilih jawaban

4.     Keyakinan terhadap alasan

§   Validasi ahli (expert judgment)

Uji       validitas          dan reliabilitas soal

§   Mahasiswa Pendidikan Fisika di Universitas               Islam Negeri    Raden                  Intan Lampung.

§   Total 96 mahasiswa, terdiri dari:

§   32 mahasiswa dalam uji coba skala kecil

64 mahasiswa dalam uji coba skala besar

 

Fostering Preservice Teachers’ Diagnostic Competence in Identifying Students’ Misconceptions in Physics

 

 

Eksperimen Kuasi

 

Pretest-Posttest dengan kelompok eksperimen dan control

 

 

Kompetensi diagnostik calon guru (pengetahuan

konseptual & prosedural)

 

Tes diagnostik berbasis pilihan ganda, validasi reliabilitas Cronbach’s Alpha

81 calon guru fisika di Tanzania

Pengembangan Tes Diagnostik Adaptif Berbasis Komputer untuk Mengidentifikasi Kesulitan Belajar dan Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Fisika pada Siswa SMA

RnD

(Research and Develompment)

RnD

(Research and Develompment)

Tingkat Kesulitan Belajar dan Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Fisika

Ø  Soal tes diagnostic (CAT - Computerized Adaptive Testing)

Ø  Wawancara diagnostik

Ø  Kuisioner atau angket

Ø  Soal Pretest dan postest

Siswa SMA

 

Topik yang diajukan Pengembangan Tes Diagnostik Adaptif Berbasis Komputer untuk Mengidentifikasi Kesulitan Belajar dan Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Fisika pada Siswa SMA

Alasan :  Alasan untuk membuat artikel berjudul “Pengembangan Tes Diagnostik Adaptif Berbasis Komputer untuk Mengidentifikasi Kesulitan Belajar dan Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Fisika pada Siswa SMA” adalah karena pembelajaran fisika sangat sulit untuk dipahami. Dengan menggunakan tes diagnostik adaptif berbasis komputer akan sesuai dengan tren digitalisasi pendidikan. Tes adaptif memungkinkan guru menyesuaikan materi berdasarkan kemampuan masing-masing siswa. Tes ini membantu mengidentifikasi miskonsepsi dalam fisika. Siswa akan mendapatkan materi sesuai dengan kebutuhan berdasarkan hasil tes dan menyesuaikan tingkat kesulitan siswa.

 Novelty :

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

INSTRUMEN TES

Topik 1 "Assessment for learning"