Tindak Lanjut Artikel


Nama  : Anggy Marthania Tatyanty Putri

NIM      : 210321606912

Tindak Lanjut Artikel

Karakteristik Belajar Fisika Sebagai Bagian dari Ipa

Judul

Jenis Penelitian

Desain Penelitian

Variabel Terikat

Instrumen Penelitian

Subjek Penelitian

Implementasi Pembelajaran Berbasis Assessment for Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi

Kuantitatif

pre-test post-test control group design

Hasil belajar peserta didik pada materi laju reaksi

 - Tes hasil belajar (pre-test dan post-test)

- Lembar observasi

- Angket atau kuesioner untuk mengumpulkan data tentang persepsi siswa terhadap pembelajaran berbasis AfL

- Dokumen hasil pembelajaran (seperti portfolio, laporan praktikum, dll.)

Siswa SMA/MA yang mempelajari kimia, minimal 30 siswa per kelompok (eksperimen dan kontrol)

 

Pengaruh Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Ditinjau Dari Kerja Ilmiah

Kuantitatif

pre-test post-test control group design

Penguasaan konsep fisika (dalam bentuk skor atau persentase)

- Tes penguasaan konsep fisika (pre-test dan post-test)

- Lembar observasi aktivitas belajar

- Angket atau kuesioner

Siswa SMA/MA yang mempelajari fisika, minimal 30 siswa per kelompok (eksperimen dan kontrol)

 

Penerapan Model Assessment For Learning (AFL) Melalui Self Assessment Dalam Pembelajaran IPA Fisika Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Peserta Didik

kuantitatif

Kuasi-Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design

Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik

Test, observasi dan angket

Siswa SMA 35 orang pada kelas X

Pengembangan Asesmen Pembelajaran Matematika untuk Menguji Kemampuan Bernalar Kritis dan Kreatif Siswa Sekolah Menengah Atas

Penelitian dan Pengembangan (Research and Development)

Model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate)

Kemampuan Bernalar Kritis dan Kreatif Siswa

Lembar validasi, Angket, Soal tes berbentuk uraian

Siswa kelas X IPA-2 SMA Negeri 3 Sanggau, (35 siswa)

Implementation of Formative Assessment in Physics Learning to Improve Students' Conceptual Understanding

kuantitatif  

One Group Pretest Posttest Design

Hasil Belajar Peserta Didik

Silabus, RPP, LKPD berbasis asesmen for learning, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, soal tes hasil belajar, angket respon peserta didik

36 peserta didik kelas XI IPA 4 SMAN 14 Surabaya pada tahun ajaran 2021/2022.

Pengembangan Asesmen Pembelajaran dengan Penerapan Model Assessment For Learning (AFL) di Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Soft Skill Siswa dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Penalaran Siswa

Mix-Methods (Kuantitatif dan Kualitatif)

the explanatory sequential design

hasil belajar (Soft Skill Siswa dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Penalaran Siswa),

Tes, observasi, rubric pemecahan masalah

Siswa SMA

 

Topik yang diajukan : Pengembangan Asesmen Pembelajaran dengan Penerapan Model Assessment For Learning (AFL) di Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Soft Skill Siswa dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Penalaran Siswa

 

Alasan: Penelitian tentang pengaruh model pembelajaran berbasis Assessment for Learning terhadap kemampuan Berpikir Kritis serta Penalaran Siswa masih relatif rendah dikarenakan siswa memandang fisika pelajaran yang sulit untuk dipahami dan teralu banyak rumus  dan dari penelitian ini bisa dibandingkan dengan penelitian yang berfokus pada hasil belajar karena hasil belajar tidak bisa mengukur tingkat paham siswa terhadap materi dan membuat siswa menambah soft skill untuk memecahkan permasalahan fisika. Padahal, Berpikir Kritis serta Penalaran Siswa merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Dengan demikian, penelitian ini memiliki potensi untuk memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan pembelajaran fisika yang lebih efektif.

 Novelty :



 

 

 

 

 

 

Comments

Popular posts from this blog

INSTRUMEN TES

Topik 1 "Assessment for learning"