Tindak Lanjut Artikel
Nama : Anggy Marthania Tatyanty Putri
NIM : 210321606912
Tindak Lanjut
Artikel
Karakteristik Belajar Fisika Sebagai Bagian dari Ipa
|
Judul |
Jenis Penelitian |
Desain Penelitian |
Variabel Terikat |
Instrumen Penelitian |
Subjek Penelitian |
|
Implementasi
Pembelajaran Berbasis Assessment for Learning untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Peserta Didik pada Materi Laju Reaksi |
Kuantitatif |
pre-test
post-test control group design |
Hasil
belajar peserta didik pada materi laju reaksi |
- Tes hasil belajar
(pre-test dan post-test) - Lembar
observasi - Angket
atau kuesioner untuk mengumpulkan data tentang persepsi siswa terhadap
pembelajaran berbasis AfL - Dokumen
hasil pembelajaran (seperti portfolio, laporan praktikum, dll.) |
Siswa SMA/MA
yang mempelajari kimia, minimal 30 siswa per kelompok (eksperimen dan
kontrol) |
|
Pengaruh
Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Penguasaan Konsep
Fisika Ditinjau Dari Kerja Ilmiah |
Kuantitatif |
pre-test post-test control group design |
Penguasaan
konsep fisika (dalam bentuk skor atau persentase) |
- Tes
penguasaan konsep fisika (pre-test dan post-test) - Lembar
observasi aktivitas belajar - Angket
atau kuesioner |
Siswa SMA/MA
yang mempelajari fisika, minimal 30 siswa per kelompok (eksperimen dan
kontrol) |
|
Penerapan Model Assessment For Learning
(AFL) Melalui Self Assessment Dalam Pembelajaran IPA Fisika Untuk
Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Peserta Didik |
kuantitatif |
Kuasi-Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group
Design |
Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik |
Test,
observasi dan angket |
Siswa SMA 35 orang pada kelas X |
|
Pengembangan
Asesmen Pembelajaran Matematika untuk Menguji Kemampuan Bernalar Kritis dan
Kreatif Siswa Sekolah Menengah Atas |
Penelitian dan Pengembangan
(Research and Development) |
Model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) |
Kemampuan Bernalar Kritis dan
Kreatif Siswa |
Lembar validasi, Angket, Soal tes
berbentuk uraian |
Siswa kelas X IPA-2 SMA Negeri 3
Sanggau, (35 siswa) |
|
Implementation
of Formative Assessment in Physics Learning to Improve Students'
Conceptual Understanding |
kuantitatif |
One Group
Pretest Posttest Design |
Hasil Belajar Peserta Didik |
Silabus, RPP, LKPD berbasis asesmen
for learning, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, soal tes hasil
belajar, angket respon peserta didik |
36 peserta didik kelas XI IPA 4 SMAN
14 Surabaya pada tahun ajaran 2021/2022. |
|
Pengembangan Asesmen Pembelajaran dengan
Penerapan Model Assessment
For Learning (AFL) di Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Soft Skill Siswa
dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Penalaran Siswa |
Mix-Methods (Kuantitatif dan
Kualitatif) |
the
explanatory sequential design |
hasil belajar (Soft Skill Siswa dan
Kemampuan Berpikir Kritis serta Penalaran Siswa), |
Tes, observasi, rubric pemecahan masalah |
Siswa SMA |
Topik yang diajukan : Pengembangan
Asesmen Pembelajaran dengan Penerapan Model Assessment For Learning (AFL)
di Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Soft Skill Siswa dan Kemampuan Berpikir
Kritis serta Penalaran Siswa
Alasan: Penelitian
tentang pengaruh model pembelajaran berbasis Assessment for Learning terhadap
kemampuan Berpikir Kritis serta Penalaran Siswa masih relatif rendah dikarenakan
siswa memandang fisika pelajaran yang sulit untuk dipahami dan teralu banyak
rumus dan dari penelitian ini bisa dibandingkan
dengan penelitian yang berfokus pada hasil belajar karena hasil belajar tidak bisa
mengukur tingkat paham siswa terhadap materi dan membuat siswa menambah soft
skill untuk memecahkan permasalahan fisika. Padahal, Berpikir Kritis serta Penalaran
Siswa merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa.
Dengan demikian, penelitian ini memiliki potensi untuk memberikan kontribusi
yang signifikan dalam pengembangan pembelajaran fisika yang lebih efektif.

Comments
Post a Comment